11/28/2008

72*INOVASI BERKOMUNIKASI

Akhirnya lahir juga kelas baru khusus buat mereka yang beda kelas. Di dalam agama yang saya anut, katanya berbagi ilmu itu ibadah, atau juga menyembunyikan ilmu sama dengan dosa.
Khusus bagi yang lapar ilmu atau sekalian yang ingin mencurinya atau juga ingin agar tertular silahkan saja dekat-dekat ke kelas baru tersebut.

Dijamin, engga ada tulisan sekelas ... atau foto-foto sekelas ... muncul tiba-tiba, kata anak-anak dibelahan bumi sana. Maaf dulu... mantan salah seorang pembantu kami yang sekolahnya hingga SMP wajahnya boleh juga tuh! Apalagi pancaran matanya yang bersih dan bening (hidup), menunjukkan cermin hatinya. Katanya, salah satu mata Demi Moore palsu (mati). Ada yang tau?

Baiknya, Asosiasi TKW RI juga memberi kesempatan dan wadah kepada masyarakatnya yang ingin menjadi figur di kelasnya masing-masing. Contoh, setiap tahun para TKW dari Filipina menyelenggarakan Miss-missan (bukan mimisan hehehe..) ala mereka di Luar Negeri. Beritanya muncul di koran setempat, taunya di tahun 1990-an di Malaysia dan 14 Feb 2008 di pulau ini. Para modelnya yaitu mereka-mereka yang bekerja sebagai Asisten Rumah Tangga. Kalau Filipina bisa, kenapa Indonesia tidak?

Dengan membentuk komunitas masing-masing kita saling berkomunikasi: berbagi dan belajar, bukannya berperang. Terutama manners kita yang malu-maluin. Katanya sopan-santun kita mencerminkan bangsa kita. Semakin maju peradaban, maju pula mentalitas kita.
Lalu... belajar mengenal komunitas-komunitas lainnya. Inilah salah satu tujuan Allah Swt (Tuhan) menciptakan manusia.

Jadi ingat komentar seorang Imigran dari Bulgaria di dalam sebuah harian berbahasa Inggris di sini. Katanya kira-kira seperti ini, "This Island is a big Village...". Tentu saja.
Masyarakatnya mapan, keren, dan cantik-cantik, tapi mentalnya.... tidak ada bedanya dengan mereka-mereka yang datang dari dunia ke-3 seperti kita Indonesia. Sempit, dan merasa hanya kitalah yang ter-Best. Tentunya, tidak semuanya!

No comments: