12/24/2009

WAKIL MENAG BRUNEI KUNJUNGI ACEH

Wakil Menag Brunei Kunjungi Aceh
13 November 2009, 14:29 Kutaraja Administrator

BANDA ACEH - Wakil Gubernur (Wagub) Aceh, Muhamad Nazar, menerima kunjungan kerja Wakil Menteri Agama (Menag) Brunei Darussalam, Yang Berhormat Pehin Udana Khatib Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin Bin Pengarah Dato Paduka Haji Othman, di ruang kerja Wagub Aceh, Kamis (12/11) siang. Kedatangan Wakil Menteri Agama Brunei Darussalam yang juga Ketua Yayasan Sultan Haji Hasanal Bolqiah itu didampingi enam pengurus yayasan tersebut dan dua pejabat Kedubes Brunei Darussalam untuk Indonesia.

Sementara Wagub dalam pertemuan itu didampingi Kepala Biro Keistimewaan dan Kesra Setda Aceh, Saifuddin Harun, Kepala Badan Pembinaan Pendidikan Aceh, Bustami Usman, dan Kabag Humas Pemerintah Aceh, Nurdin F Joes.

Wakil Menag Brunei, yang ditanyai wartawan usai pertemuan itu, mengatakan, kedatangan pihaknya ke Aceh kali ini adalah untuk mengevaluasi sejumlah bantuan yang berasal dari Dana Masyarakat Besar negara itu kepada Aceh pasca tsunami. Bantuan itu, sebutnya, antara lain perumahan, masjid, pesantren, panti asuhan bagi anak yatim, puskesmas. Semuanya berada di Desa Mamplam, Kecamatan Leupung, Aceh Besar.

“Tadi pagi (kemarin-red) kami sudah meninjau masyarakat di Desa Mamplam, Leupung. Mereka mengeluh tentang ketersediaan air bersih. Tapi, untuk masalah itu saya kira bisa diselesaikan pemerintah daerah di sini. Namun ke depan kami akan berupaya membantu warga Mamplam dalam bentuk pemberdayaan ekonomi,” ujar Dato Paduka Seri Setia Ustaz Haji Awang Badaruddin Bin Pengarah Dato Paduka Haji Othman seraya menyatakan pihaknya juga siap bekerja sama dengan Aceh dibidang pendidikan, investasi, dan bidang lainnya. Selain itu, lanjut petinggi Kerajaan Brunei itu, bantuan lain yang telah disalurkan pihaknya ke Aceh adalah pembangunan masjid di Calang Aceh Jaya yang rencananya akan diresmikan besok (hari ini-red).

“Besok (hari ini-red) kami akan berangkat ke Aceh Jaya untuk menyaksikan peresmian masjid yang dibangun dengan Dana Masyarakat Besar Brunei yang disalurkan melalui Yayasan Sultan Haji Hasanal Bolqiah,” jelasnya seraya menyatakan pihaknya berada di Aceh selama empat hari, yaitu sejak Rabu hingga Sabtu (14/11) besok.

Sementara itu, Wakil Gubernur Aceh, Muhammad Nazar, mengucapkan terima kasih atas bantuan Kerajaan Brunei Darussalam untuk Aceh sejak tsunami hingga sekarang. Wagub berharap kerja sama antara Aceh dan Brunei Darussalam akan menjadi kerja sama yang permanen, khususnya dalam rangka meningkatkan kualitas SDM di kedua belah pihak. “Kerja sama yang mungkin kita lakukan antara lain dibidang pendidikan, ekonmoni, dan budaya.

Khusus di bidang pendidikan, ke depan kita berharap akan ada mahasiswa Aceh yang kuliah di Brunei dan juga ada mahasiswa Brunei yang kuliah di Aceh,” pungkas Wagub seraya menambahkan jika memungkinkan juga perlu dibuka penerbangan Aceh-Brunei dan sebaliknya dari Brunei ke Aceh.(jal)

http://www.serambinews.com/news/wakil-menag-brunei-kunjungi-aceh

No comments: