11/12/2009

* PASIEN PENYAKIT VASIRELA


Bocah Geumpang Diserang Penyakit Aneh
* Ia Anak Korban Konflik

23 October 2009, 08:32 Nanggroe Administrator

SIGLI - Husnul Zafirah (9), bocah warga Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Pidie, sejak sepekan terakhir menderita penyakit aneh. Di beberapa bagian tubuhnya, kepala, dan telinga, mengelurkan darah bercampur nanah serta ulat dari lukanya. Ibunda Husnul Zafirah, Nurlela (40) kepada Serambi, Kamis (22/10) mengatakan, sebelum penyakit itu muncul sepekan lalu, suhu badan Husnul Zafirah sangat tinggi.
...................................
http://www.serambinews.com/news/bocah-geumpang-diserang-penyakit-aneh


24 October 2009, 09:27 Nanggroe Administrator

SIGLI - Setelah dirawat selama tiga hari di RSU Sigli, Pidie, akhirnya pasien penyakit aneh, Husnul Zafiah (9), bocah warga Gampong Bangkaleh, Kecamatan Geumpang, Pidie, diboyong ke Rumah Sakit Umum Zainal Abidin (RSUZA) Banda Aceh oleh pihak RSU Sigli. Dokter spesialis anak RSU Sigli, Pidie, dr Suryadi Umar SpA kepada Serambi, Jumat (23/10) mengatakan, pasien penderita penyakit Varisela itu sejak Kamis (22/10) petang, sekira pukul 17.30 WIB telah diboyong ke RSUZA untuk mendapat penanganan lebih optimal. “Atas kebijakan Direktur RSU Sigli, pasien ini segera dirujuk ke RSUZA Banda Aceh, mengingat kondisi Husnul Zafira, sangat memprihatinkan, apalagi mereka ini tergolong keluarga yang belum beruntung (miskin),” sebut Suryadi.


Dokter Suryadi mengatakan, penyakit varisela ini merupakan penyakit yang sangat jarang terjadi, sehingga wajar disebut penyakit aneh. “Jadi, dikarenakan keterbatasan fasilitas di RSU kita, maka kami terpaksa mengambil inisiatif untuk segera dilakukan rujukan ke RSUZA dan ini sebagai solusi demi kesembuhan pasien,” jelas Suryadi.

Disingung adakah kemungkinan besar pasien ini bisa disebuhkan karena mengingat kondisinya sangat kritis, Suryadi, memprediksikan, dengan peralatan yang memadai, Insya Allah bisa tertangani. “Semua penyebab nantinya akan terdeteksi baik asal muasal riwayat penyakit tersebut hingga cara penangananya apalagi nantinya di RSUZA Banda Aceh peralatannya jauh lebih canggih dibandingkan dengan kita,” urainya.

Terkait persoalan dana, untuk sementara waktu, pihak RSU Sigli bersama dengan beberapa dokter lainnya, kemarin secara langsung menggalang dana untuk persiapan pemberangkatan dan penginapan untuk beberapa hari. “Kami sangat prihatin dengan kondisi dana keluarga pasien yang jelas-jelas sangat miskin. Semoga nantinya di Banda Aceh ada pihak-pihak yang berkenan meringankan beban hidupnya,” ujar dokter Suryadi.

Seperti dilansir Serambi, Jumat (23/10), Husnul Zafirah (9), bocah warga Gampong Bangkeh, Kecamatan Geumpang, Pidie, sejak sepekan terakhir menderita penyakit aneh. Di beberapa bagian tubuhnya, kepala, dan telinga, mengelurkan darah bercampur nanah serta ulat dari lukanya. Ibunda Husnul Zafirah, Nurlela (40) kepada Serambi, Kamis (22/10) mengatakan, sebelum penyakit itu muncul sepekan lalu, suhu badan Husnul Zafirah sangat tinggi. Dua hari kemudian, timbul bercak-bercak hitam di sekujur tubuhnya.(c43)

http://www.serambinews.com/news/pasien-penyakit-aneh-diboyong-ke-rsuza


_________

Pertengahan tahun 1980-an, kami kehilangan seorang keluarga dekat yang masih duduk di bangku SMP.
Pada hari minggu siang, dia mengalami kecelakaan lalu lintas. Pahanya patah.
Keluarga kami tersebut dibawa ke unit darurat RSZA, tetapi dokter jaganya tidak berada ditempat. Perawat yang ada disana menghubungi sang dokter jaga tersebut melalui telefon, tetapi dokternya tidak muncul.
Maklum, Ibunya hanya seorang guru sedangkan Ayahnya juga telah tiada.

Sekitar 2 jam kemudian, keluarga kami tersebut meninggal karena kehabisan darah.

No comments: